2.500 Proposal PKM Disetujui DIKTI

20 03 2008
Satu tahap Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) telah dimulai. Sebanyak 2.500 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) disetujui Dikti. Masing-masing menerima dana hibah dengan nilai rata-rata enam juta rupiah. Jika lolos seleksi berikutnya, akan berlaga dalam Pimnas di Unissula, Juli 2008.

Adakah rahasia agar proposal diterima?

Pembantu Rektor Unnes Drs Masrukhi MPd mengungkapkan, unsur kreativitas memiliki bobot nilai tinggi. “Ini mesti mengandung muatan kreativitas dan menyajikan konsep baru yang belum dikenal khalayak,” ujarnya. Tahun ini Unnes berhasil meloloskan 228 judul. Masrukhi mengatakan keberhasilan tersebut merupakan buah strategi yang disusun sejak lama. Bagi Unnes, Pimnas adalah proyek besar. Segenap sumberdaya dikerahkan. Untuk mendampingi mahasiswa, dibentuk Tim Pembina LKTM yang diketuai Drs Tommi Yuniawan MSi. Anggotanya dosen perwakilan fakultas yang memiliki jam terbang tinggi dalam bidang penelitian. Tugasnya memberi pelatihan, mendampingi, sekaligus membantu mahasiswa. “Kami fasilitasi semua keperluan mahasiswa, termasuk kami menyewakan komputer,” ujar Tommi.

Tommi menyatakan minat mahasiswa Unnes dalam meneliti cukup besar. “Budaya meneliti sudah terbentuk, tugas kita membumikan saja,” ujar alumnus UGM ini.
Banyaknya kelompok studi mahasiswa menjadi indikasi budaya meneliti sudah mapan di kampus jelmaan IKIP Semarang ini. Kelompok studi ini menjadi motor penggerak persiapan Pimnas.

Mereka adalah Technic Research Club dan Creativity Research Club (Fakultas Teknik), Link Art (FBS), Study Scientific Club (FMIPA) Kelompok Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (FE). Tak bisa dinafikan pula peran UKM Rekayasa Iptek (Riptek) sebagai kelompok studi tingkat universitas.
UKM yang bermarkas di kompleks Joglo ini berperan sebagai think tank. Menurut pegiatnya Rangga Asmara, mereka melakukan analisis model proposal, baik yang diterima maupun ditolak. “Tim kami melakukan identifikasi, yakni sebab-sebab proposal diterima. Demikian pula yang ditolak, ditelaah kira-kira apa kekurangannya.”

Dari kajian tersebut, disusun suatu “pola proposal” yang dimaui Dikti. Selanjutnya model tersebut dijadikan semacam standar penu-lisan. Rangga yang juga pegiat pers mahasiswa pun berbaik hati “membocorkan” rahasia tersebut.
PKM terdiri atas lima jenis, yakni bidang kewirausahaan (PKMK), penerapan teknologi (PMKT), penelitian (PKMP), pengabdian masyarakat (PKMM), dan penulisan karya ilmiah (PMMI). Masing-masing memiliki rahasia sendiri.
“Yang utama adalah kelengkapan infrastruktur proposal. Setiap komponen harus lengkap. Misalnya ada kerjasama dengan suatu institusi, maka surat perjanjian kerjasama harus dilampirkan,” ujarnya.

Beternak Proposal

Siapa bilang Dikti tak lihai mencetak wirausahawan ulung? Buktinya, dari ajang PKM ini bermunculan ide-ide kreatif mahasiswa untuk berwirausaha. Simak saja rencana Zulfikar dari IKIP PGRI Semarang.
Mahasiswi asal kota kripik Purwokerto ini akan membuat wirausaha bakso urat dari rumput laut. Niat itu pun direspon Dikti dengan hibah modal usaha enam juta rupiah melalui PKM Kewirausahaan (PKMK).

Total ada 625 proposal PKMK dari perguruan tinggi seluruh Indo-nesia yang didanai Dikti. Jenis usaha yang ditawarkan bersifat kreatif. Namanya juga buatan mahasiswa. Bayangkan saja, ada proposal berjudul Es Krim Cincau Goreng Aneka Rasa. Itu buatan Nia Rahmasari dari Universitas Negeri Jakarta. Seperti apa rasanya es krim goreng, tunggu saja sampai usaha itu jadi.

Adapun Ferina Wijayanti dari UNY telah berancang-ancang membuka usaha pembuatan shuttle cock dari sabut kelapa. Mudah-mudahan itu bisa mengembalikan kejayaan pebulutangkis Indonesia di kancah All England, Piala Uber maupun Piala Thomas.

Harapannya, PKMK yang digelar saban tahun itu mampu memantik minat mahasiswa berwirausaha. Andai saja setengah dari penerima hibah berhasil mentas menjadi wirausaha beneran, negeri ini akan penuh sesak oleh pengusaha-pengusaha mumpuni.

Namun, namanya juga wirausahawan, tentu cerdik mencari peluang. Saat sektor riil lesu, pindah ke yang lebih menjanjikan. Di antaranya dengan cara beternak proposal.

(sumber : suara merdeka, 15 Maret 2008)


Aksi

Information

2 responses

12 01 2009
aza

UNDANGAN OLIMPIADE
DARI KH GAMA UGMDAN IHAMAFI
PROPOSAL ACARA
TOP CHALLENGE OF PHYSICS 2009

DASAR PEMIKIRAN

Fisika menurut sains, adalah suatu ilmu pengetahuan yang mencoba menjelaskan mekanisme alam semesta yang bekerja sebagaimana mestinya. Mekanisme tersebut menghasilkan fenomena-fenomena alam yang diterjemahkan dalam bentuk rumus-rumus matematis yang ringkas, indah, universal, dan berguna untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut fenomena tersebut. Tanpa definisi matematis, fisika sangat sulit dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai teknologi.
Fisika hari ini, teknologi esok hari. Istilah ini sangat tepat untuk diungkapakan saat ini karena berbagai teknologi yang dipakai umat manusia tidak lain adalah hasil penelitian terutama dalam ilmu fisika. Fisika merupakan ilmu pengetahuan, dimana konsep-konsepnya melandasi berbagai teknologi yang berkembang dewasa ini. Disinilah Fisika sebagai bagian dari sains mempunyai peranan yang besar dalam perkembangan teknologi. Teknologi baru yang ditemukan pada gilirannya memfasilitasi penelitian-penelitian di bidang fisika sehingga perkembangannya berlangsung secara lebih cepat. Sains dan teknologi ibarat dua sisi mata uang yang saling menguatkan.
Saat ini, penerapan ilmu fisika dari yang sederhana sampai modern memenuhi ruang kehidupan manusia. Seperti penggunaan termometer untuk mengukur panas tubuh, pengadaan energi listrik, sampai pemanfaatan dalam bidang kesehatan seperti teknologi MRI, CT Scan, PET, atau terapi kanker. Begiu banyak manfaat dari ilmu Fisika.
Oleh karena itu, kami panitia TOP CHALLENGE OF PHYSICS 2009 yang berkecimpung dalam Komunitas Fisika Gadjah Mada (KF GAMA) berusaha mengadakan TOP CHALLENGE OF PHYSICS sebagai upaya memasyarakatkan ilmu fisika, agar dapat mendorong secara positif perkembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia.
Kegiatan ini diharapkan dapat menghilangkan stigma negatif terhadap ilmu fisika yang terkesan menakutkan dan membosankan bagi banyak kalangan, khususnya pelajar dan mahasiswa. Dalam acara ini juga akan mengadakan Seminar Nasional, Pameran pendidikan dan IPTEK, Talk Show tentang Tips danTrik untuk lolos olimpiade fisika dunia. Sehingga melalui rangkaian acara ini, TOP CHALLENGE OF PHYSICS 2009, diharapkan tercapai peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

NAMA KEGIATAN
TOP CHALLENGE OF PHYSICS 2009

TEMA KEGIATAN

Kebangkitan Sains Menuju Kemajuan Bangsa
TUJUAN KEGIATAN

1. Memasyarakatkan ilmu fisika.
2. Menjadikan fisika sebagai salah satu bidang ilmu yang menarik, mengasyikkan dan banyak diminati oleh berbagai kalangan, khususnya pelajar dan mahasiswa.
3. Menumbuhkan kesadaran akan keterkaitan fisika dengan perkembangaan IPTEK.
4. Menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat di kalangan pelajar.
5. Menumbuhkan berbagai inovasi pembelajaran oleh guru-guru mata pelajaran fisika.
6. Menyediakan wahana pembelajaran berorganisasi bagi mahasiswa, terutama berkenaan dengan kemampuan leadership dan teamwork.

BENTUK KEGIATAN

1. Olimpiade fisika tingkat SMP dan SMA
Tujuan :
1. Memasyarakatkan ilmu fisika.
2. Menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat di kalangan pelajar.
3. Mencari bibit-bibit unggul di bidang sains.
Sasaran peserta :
Siswa/siswi SMP dan SMA sederajat se-Indonesia.

Tema kegiatan :
“ Fun with Physics “

Pendaftaran : 26 Desember 2008 – 2 Mei 2009
Daftar ulang : 26 Desember 2008 – 2 Mei 2009
Biaya pendaftaran : Rp. 75.000,- per orang

Pelaksanaan
Penyisihan : 2 Mei 2009
Final : 3 Mei 2009

Silabus mata pelajaran :
1. Mekanika
2. Termodinamika
3. Optika
4. Getaran dan gelombang
5. Fisika modern

Acara ini terdiri dari babak penyisihan sampai babak final. Acaranya meliputi
· Babak penyisihan hari pertama
Peserta harus mengerjakan soal-soal pilihan ganda. Dari babak ini akan disaring dua puluh orang peserta dari masing-masing tingkat SMP dan SMA. Pada babak selanjutnya akan diajukan soal-soal essay berdasarkan pemahaman teori-teori dasar dalam fisika serta soal dalam bentuk simulasi. Pada babak ini akan diseleksi 10 orang untuk melanjutkan ke babak berikutnya (eksperimen) .
· Babak penyisihan hari kedua
Sepuluh orang peserta yang lolos dari babak sebelumnya ( essay), akan mengikuti babak eksperimen. Dari babak eksperimen ini akan disaring tiga besar untuk masing-masing tingkatan berdasarkan nilai akumulatif tertinggi dari babak eksperimen.
· Babak Final
Babak final akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
1. Low Challenge : Peserta akan dihadapkan pada soal-soal perhitungan
2. Medium Challenge : Peserta akan diberi suatu permasalahan, lalu diharapkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan mempresentasikan pemecahan masalah tersebut kepada juri dan audience sesuai pendapat peserta.
3. High Challenge : Babak ini merupakan babak perebutan nilai. Soal-soal yang diberikan merupakan aplikasi dari hukum-hukum fisika

2. Seminar Nasional
Seminar nasional diperuntukkan bagi seluruh guru pembimbing, siswa/siswi SMP dan SMA, praktisi pendidikan, masyarakat umum, dan mahasiswa. Seminar nasional ini bertemakan “Sains Solusi Permasalahan Bangsa”. Seminar ini akan membahas peran fisika dalam perkembangan teknologi yang menjadi salah satu solusi permasalahan bangsa dan sebagai indikator kemajuan bangsa. Pembicara dalam seminar ini antara lain Menteri Riset dan Teknologi, Kepala LIPI, dosen dari Prodi Fisika FMIPA UGM, dan pemenang lomba penelitian/karya tulis tingkat internasional.

Pendaftaran : 2 Maret – 1 Mei 2009
Daftar Ulang : 2 Mei 2009
Biaya Pendaftaran :
· untuk S2/umum Rp. 100.000,-
· untuk S1 Rp. 50.000,-
Pelaksanaan : 2 Mei 2009
Fasilitas : seminar kit, lunch, coffe break, sertifikat, stiker

3. Lomba IPTEK Mahasiswa ( Lotek Mas )
Lomba IPTEK Mahasiswa akan diikuti oleh seluruh mahasiswa PT di Indonesia. Lomba ini mengambil tema “Fisika Hari ini, Teknologi Esok Hari” yang akan menilai hasil inovasi para mahasiswa di bidang IPTEK dengan menerapkan konsep-konsep Fisika. Peserta akan mengirimkan hasil penelitiannya berupa proposal paling lambat tanggal 11 April 2009 dan kemudian akan diseleksi oleh panitia. Untuk sepuluh karya terbaik akan diundang pada acara puncak TOP COP 2009 dan diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya.. Dari presentasi tersebut akan dipilih juara 1, 2, dan 3. Peserta lomba ini dapat berupa kelompok dengan anggota maksimal lima orang.
Pendaftaran : 26 Desember 2008 – 11 April 2009
Biaya pendaftaran : Rp. 75.000,- per kelompok
Penilaian : 12 – 18 April 2009
Pengumuman finalis dan konfirmasi kedatangan : 20-24 April 2009
Final : 2 Mei 2009

Kriteria Lotek Mas : hasil penelitian belum pernah dipublikasikan dan diikutksertakan dalam lomba lain.
Format Penulisan Proposal :
1. Cover
2. Kata Pengantar
3. Daftar Isi
4. Judul
5. BAB I : Pendahuluan
5.1 Latar Belakang
5.2 Tujuan
5.2 Rumusan Masalah
5.3 Luaran yang diharapkan
5.4 Manfaat
6. BAB II : Isi
6.1 Tinjau Pustaka
6.2 Metode Pelaksanaan Program
· Peralatan
· Bahan
· Prosedur
· Pengambilan Data
7. Hasil
8. Pembahasan
9. Kesimpulan
10. Rekomendasi
11. Anggaran
LAMPIRAN :
Biodata : Dosen Pembimbing, Ketua Kelompok beserta anggotanya

4. Lomba Kreativitas Fisika ( LKF )
Lomba Kreativitas Fisika bertujuan untuk membentuk budaya kreatif dan kompetitif di kalangan pelajar tingkat SMA se-Indoesia. Pada lomba ini, pelajar dituntut untuk melakukan penelitian dalam bidang Fisika yang dapat diwujudkan berupa suatu alat teknologi tepat guna (applied). Tema yang diangkat adalah “Play with Physics”. Diharapkan dengan adanya tema ini, para pelajar SMA senang dengan Fisika karena ilmu Fisika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta akan mengirimkan hasil penelitiannya berupa proposal paling lambat tanggal 11 April 2009 dan kemudian akan diseleksi oleh panitia. Untuk lima karya terbaik akan diundang pada acara puncak TOP COP 2009 dan diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya. Dari presentasi tersebut akan dipilih juara 1, 2, dan 3. Peserta lomba ini dapat berupa kelompok dengan anggota maksimal lima orang.
Pendaftaran : 26 Desember 2008 – 11 April 2009
Biaya pendaftaran : Rp. 75.000,- per kelompok
Penilaian : 12 – 18 April 2009
Pengumuman finalis dan konfirmasi kedatangan : 20-24 April 2009
Final : 2 Mei 2009
Kriteria Lomba :
· Dana tidak dibatasi
· Bernilai guna atau bermanfaat untuk masyarakat Indonesia
· Proses pembuatan
· Tidak menuntut sesuatu yang baru
Format Penulisan Proposal :
1. Cover
2. Kata Pengantar
3. Daftar Isi
4. Judul
5. BAB I : Pendahuluan
5.1 Latar Belakang
5.2 Tujuan
5.3 Rumusan Masalah
5.4 Luaran yang diharapkan
5.5 Manfaat
6. BAB II : Isi
6.1 Tinjau Pustaka
6.2 Metode Pelksanaan Program
· Peralatan
· Bahan
· Prosedur
· Pengambilan Data
7. Hasil
8. Pembahasan
9. Kesimpulan
10. Rekomendasi
11. Anggaran

LAMPIRAN :
· Foto hasil penelitian
· Biodata : Guru Pembimbing, Ketua Kelompok beserta anggotanya

5. Pameran Pendidikan dan IPTEK
Hasil perlombaaan, yaitu Lomba IPTEK Mahasiswa, Lomba Kreativitas Fisika, ataupun dari hasil penelitian para mahasiswa dan dosen-dosen fisika FMIPA UGM nantinya akan dipamerkan pada acara Pameran Teknologi ini. Acara ini diperuntukkan bagi seluruh guru pembimbing, siswa/siswi SMP dan SMA, praktisi pendidikan, masyarakat umum, dan mahasiswa.
Pendaftaran : 26 Desember 2008 – 11 April 2009
Konfirmasi balik kepada peserta : 13-24 April 2009
Pelaksanaan : 2-3 Mei 2009

6. Talk Show “ Road to International Physics Olympiad “
Acara ini merupakan forum dialog yang disertai dengan sesi tanya jawab dan diikuti oleh seluruh guru pembimbing, dan para peserta SMP/SMA. Acara ini mengambil tema “Road to International Physics Olympiad “ yang akan membahas Tips dan Trik untuk menuju olimpiade Fisika tingkat Internasional. Pembicara pada acara ini adalah bapak Yohanes Surya selaku ketua TOFI ( Tim Olimpiade Fisika Indonesia ) dan salah satu peraih medali emas Olimpiade Fisika Internasional.
Pendaftaran : 2 Maret – 1 Mei 2009
Daftar Ulang : 3 Mei 2009
Pelaksanaan : 3 Mei 2009

PROSEDUR PENDAFTARAN:
Pendaftaran ataupun pembayaran untuk semua acara yang telah disebutkan di atas dapat melalui :
1. Pendaftaran via pos, faximile, online, atau datang langsung ke sekretariat KF Gama.
2. Pembayaran via Bank Mandiri, dengan mengirimkan bukti pembayaran yang telah divalidasi oleh bank yang bersangkutan lewat faximile, pos atau datang langsung ke sekretariat KF Gama.
.
SASARAN KEGIATAN

1. Pelajar SMP dan SMA, atau sederajat di seluruh Indonesia
2. Mahasiswa, guru, dan dosen
3. Masyarakat umum
4. Praktisi pendidikan Indonesia

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

PELAKSANAAN :
Waktu : 2 – 3 Mei 2009
Tempat : Kampus Utara FMIPA UGM
PANITIA PELAKSANA

Panitia Top Challenge of Physics 2009
Komunitas Fisika Gadjah Mada (KF Gama)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Gadjah Mada

SUSUNAN PANITIA

Terlampir
PENUTUP

Demikian proposal kami susun. Segenap Panitia TOP CHALLENGE OF PHYSICS 2009 sangat mengharapkan dukungan, bantuan dan partisipasi pihak terkait demi kesuksesan acara ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat-Nya agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberi manfaat bagi kita semua, amiin.

SUSUNAN PANITIA

Pelindung :
Rektor Universitas Gadjah Mada
Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng, Ph.D.
Penasehat :
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Gadjah Mada
Drs. Haryanta M.Si.
Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada
Dr. Chairil Anwar
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UGM
Dr. Pekik Nurwantoro M.S. Ph.D.
Ketua Jurusan Fisika FMIPA UGM
Dr. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc.
Ketua Program Studi Fisika FMIPA UGM
Dr. Arief Hermanto, M.Sc.

Pembimbing :
1. Dr. Arief Hermanto, M.Sc.
2. Dr. Kuwat Triyana, M.Si.
3. Dra. Chotimah, M.Si.
4. Dr. Mirza Satriawan, M.Sc., Ph.D.
5. Dr.Rear.Nat. M.Farchani Rosyid
6. Juliasih Partini, S.Si, M.Si.

Penanggungjawab :
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UGM
Aza El Munadian
Ketua Keluarga Mahasiswa Fisika
Qoudar Ramdhani
Ketua Komunitas Fisika Gadjah Mada
Galih Setyawan

Steering Committee :
G. Setyawan
Panitia Pelaksana :
Ketua : Agra Barecasco
Sekretaris : Indri Purwanti
Bendahara : Seveny Nuzully
Kesekretariatan : Fauyun Kurniastuti
Acara : Yesiana Arimurti
Dana dan Usaha : Riza Maulana
Konsumsi : Transista Condensi
Pubdekdok : Aza El Munadian
Operasional : Artindo
Transportasi & Akomodasi : Jalu Gayuh Suraya
Humas : Beni Setyawan

Sekretariat Panitia :
Komunitas Fisika Gadjah Mada (KF Gama)
Sekip Unit III PO. BOX BLS 21
Yogyakarta 55281
E-mail : topcop@mail.ugm.ac.id
Fax : +62-274-545185
Pembayaran : Bank Mandiri Cabang UGM Yogyakarta atas nama
Aza El Munadiyan
No. Rekening : 137-00-0559250-2
Telepon : Aza ( 085692454521 )
Yesi ( 08122597575 )
Riza ( 085697587617 )

17 02 2009
physicool

Terimaksih banyak atas infonya

Tinggalkan komentar